Hari Terakhir Kegiatan PAS Kelompok Belajar Cepat

Humas ( Man ) 1 Trenggalek Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani.

Seperti terlihat pada salah satu sudut ruang kelas Madrasah , terlihat sejumlah siswa tampak tenang dan serius sembari memegang smartphone dan kertas sebagai alat untuk menulis juga berhitung, siapa sebenarnya mereka ?? Benar saja mereka semua adalah siswa Man 1 Trenggalek yang terjaring dalam KELOMPOK BELAJAR CEPAT atau biasa disingkat KBC , sesuai jadwal dan panduan pelaksaan program KBC bahwa mulai hari senin Tanggal 13 September 2021 hingga, 23 September 2021 mereka menjalani program PAS Penilaian Akhir Semester.

Apa sebenarnya itu KBC ? dan Bagaimana supaya bisa masuk dalam kelompok tersebut?
Sedikit rujukan dari panduan teknis pelaksaan Kelompok Belajar Cepat

Ketentuan menempuh belajar selama 2 tahun atau kelompok Belajar Cepat ;
1. Dimulai dari penjaringan berdasarkan rata-rata nilai rapor semester 1 minimal
2. Tidak lebih dari tiga mata pelajaran yang memiliki Nilai antara 78 – 83. ,
3. Kehadiran minimal 90% pada semester 1.
4. Rekomendasi dari wali kelas dan guru BK.
5. Kesanggupan dari orang tua/wali peserta didik.
6. Perkembangan peserta didik 2 tahun akan dipantau terus melalui ketuntasan tiap-tiap KD

pada semester 2 dan 3, jika pada semester 2 terdapat indikasi peserta didik tersebut tidak mampu mengikuti sesuai kriteria pada point.1 dan 2 setelah dilakukan proses remedial maka peserta didik bisa kembali ke semester regular dan akan dipantau terus sampai semester 3.

7. Setelah semester 3 peserta didik tidak bisa kembali ke semester regular, dan jika mengalami kesulitan belajar di beberapa mata pelajaran Madrasah akan melaksanakan kegiatan pembekalan remedial dan pengayaan di luar jam KBM.

Berdasarkan Permendikbud No. 158 Tahun 2014 pasal 4 ayat 6, disebutkan bahwa layanan bagi peserta didik yang mempunyai bakat, minat, kemampuan, dan/atau kecepatan belajar yang berbeda dapat dilakukan pada kelas yang sama dan/atau berbeda dalam satu satuan pendidikan, Pengelolaan kelas pada penyelenggaraan SKS yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek adalah konsep kelas heterogen.

Kelas heterogen dan homogen adalah kelas yang melayani peserta dengan tiga variasi kecepatan belajar berbeda, yaitu cepat, normanl dan lambat. Peserta didik yang sudah teridentifikasi kecepatan belajarnya dikelompokkan sesuai dengan kecepatan belajarnya sampai menyelesaikan seluruh unit pembelajaran utuh sesuai beban belajar selama enam semester.

Pengelolaan pembelajaran dalam kelas heterogen dan homogen melayani perseorangan/individual dalam suasana klasikal. Layanan tersebut diberikan sesesuai dengan gaya dan kecepatan belajarnya. maka guru dihadapkan pada kelas heterogen yang pengelolaannya mencakup pada 3 layanan yaitu: klasikal, kelompok dan individual.

humas@man1trenggalek

Tinggalkan komentar